Pages

Rabu, 10 April 2013

Windows Post-Install (WPI) - Instal Program Otomatis

Windows Post-Install Wizard (WPI) adalah aplikasi hypertext yg didesain untuk menyediakan opsi instalasi untuk user. Windows XP mmg menawarkan banyak cara utk mengcustomize proses instalasi aplikasi, sayangnya, ia tidak menyediakan cara untuk user memilih aplikasi mana yg pengen diinstal user. Dulu, user dan administrator mesti mendowload file instalasi aplikasi secara manual, ataupun harus membuat script rumit utk app yg cuma bisa dipakai sekali. Dengan WPI, anda sudah bisa membuat image, yg bisa dikonfigurasi dan (opsional) bisa diotomatiskan sehingga user lain bisa menginstal aplikasi2 yg diinginkannya.

[Image: screen6oa.jpg]

WPI adalah program otomatisasi yg mudah dipakai utk memberi pilihan instalasi program2 multipel, tweak dan script. Tidak perlu lagi lusinan CD atau lainnya untuk instalasi fresh. Tdk perlu lagi file2 banyak yg tdk perlu untuk service PC lain. Dgn WPI, yg anda butuh cuma 1 atau 2 CD/DVD untuk instal PC lengkap dgn semua aplikasi, script, file registry atau tweak. Daripada harus download lagi app tsb semisal Adobe Reader, Flash atau update program2, omz bisa miliki semuanya dlm 1 disk.

Dgn paket instalasi custom WPI, anda akan punya OS dan semua aplikasi, tweak dan lainnya yg dibutuhkan dlm 1 disk. Setelah instalasi Windows, WPI akan menyediakan opsi2 instalasi yg sdh dikonfigurasi sebelumnya. Anda bisa memilih satu/beberapa yg dimaui atau cukup biarkan timer-nya habis dan app yg sdh diseleksi default diinstalkan.

Requirements:

Quote:WPI dulunya didesain untuk jalan di PC dgn resolusi 800x600 px, sampai WPI 3.5 dirilis. WPI juga butuh Windows Scripting Host. Windows 2000, XP, 2003 dan Vista secara default bisa menjalankan file2 .HTA. WPI juga support theme custom buatan sendiri.
  • Internet Explorer 6 (sdh ada dlm XP).
  • Pemahaman ttg parameter/switch instalasi program tertentu.
  • Sedikit waktu konfigurasi dan eksperime.
  • Kesabaran.
  • Anda bisa menggunakan VMWare atau Virtual PC untuk testing.
 TUTORIAL:


Sampel layout Folder:
[Image: layoutnu.jpg]

Dari layout folder diatas, berarti semua entry config anda kayak:

%wpipath%\Install\Blah.exe

Cara Menambah Aplikasi Kedalam WPI!

Misal kita pake contoh CCleaner,.. Download dan ekstrak WPI ke root drive CD Windows XP atau semua folder WPI (Common, Graphics, WPIScripts, Tools, Install dan Themes) dan file WPI.hta di root CD.

  1. Download aplikasi dan simpan dlm folder "WPI\Install". (misal, file "CCleaner.exe").
  2. Jalankan file "WPI.hta" dan klik area tombol/icon "Config”.
  3. Pilih tombol "Add" dibagian atas config.
  4. Isikan nama misal "CCleaner" (tanpa kutip). Klik sembarang di bagian config untuk aktivasi sisa wizard-nya.
  5. Otomatis sebuah Unique ID akan dibikinkan untuk CCleaner.
  6. Semua app yg diatur dlm WPI, secara default akan diinstal otomatis, jadi klo pengen milih app utk tdk diinstal otomatis ketika WPI dijalankan nanti, hapus centang kotak Default-nya. Omz juga bisa pilih opsi "Forced Install" utk 'memaksa' instalasi program tsb.
  7. Pilih 'category' utk app yg akan ditampilkan nanti.
  8. Dibagian "Command 1" dibagian icon folder bawah, browse ke folder "WPI\Install" trus pilih file installer "CCleaner.exe", otomatis full-path-nya akan diisikan.
  9. Edit entry-nya jadi "%wpipath%\Install\CCleaner.exe" jika rencananya akan mengikutkan folder WPI ke root drive CD atau HDD.
  10. Tambahkan switch/parameter program biar bisa jalan silent misal "%wpipath%\Install\CCleaner.exe" /s. ( Alternatif, bisa klik tombol USSF utk liat command-line programnya).
  11. Pilih/klik Save dan tombol Exit utk menutup WPI. Selesai!

Anda juga bisa menggunakan app kayak nLite, vLite atau MakeISO utk diikutkan dlm folder tools biar CD-nya bootable lagi.

[Image: 1screen6.jpg]
[Image: 2screen4.jpg]
Main installer screen:
[Image: 3screen1.jpg]

Options wizard:
[Image: 4screen2thumb.jpg]

Config wizard:
[Image: 5screen3thumb.jpg]

Network Wizard:
[Image: 6screen5thumb.jpg]

Theme Wizard:
[Image: 7screen7thumb.jpg]

Information Screen:
[Image: 8screen8thumb.jpg]

Tidak ada komentar :

Posting Komentar